Jumat, 19 April 2013

Cara Menggambar Part Mesin dengan AUTO CAD

Selama seminggu ini untuk semua jurusan khusus siswa kelas 3  saya berikan tugas untuk membuat objek 3 dimensi dari gambar 2 dimensi dengan autocad. Karena materi 3 dimensi sudah dimulai sejak 3 minggu  yang lalu, maka saatnya mereka ujian praktek dengan soal gambar sederhana.  Karena perintah cad 3 dimensi yang diberikan baru 4 macam yaitu extrude, subtract, union dan fillet maka mereka harus menggunakan logika untuk menyelesaikan gambarnya. Sebetulnya ada cara cepat namun tidak mendidik bila diberikan pada saat mulai mengenal dunia 3 dimensi seperti ini. Biarlah problem solving menjadi makanan mereka saat ini.


Ini dia gambar yang mereka kerjakan:
Sambil menunggu mereka mengerjakan soal, hari ini saya mencoba menggambar part mesin dengan software CAD gratisan yang beberapa waktu yang lalu di download. Dan uji coba software ini pernah saya publish disini. Bentuk gambar yang dibuat saya ambil dari buku Gambar Teknik Mesin SMK karangan Drs. Eka Yogaswara. Walaupun gratisan namun hasilnya cukup memuaskan menurut saya. Sampai sekarang software ini masih versi beta II dan saya menunggu versi fullnya di rilis terutama untuk Linuxnya.
Ini dia gambar yang saya buat hari ini dengan software Draft Sight yang gratis dan sangat mirip dengan AutoCAD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar